Berjuang Dengan Riang Gembira

Meindra dari Konfedrasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Meindra   adalah salah satu  pemenang  dari lomba film pendek buruh dalam rangka May Day 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Daya Dharma KAJ (LDD KAJ), Kerasulan Buruh Dekenat Tangerang (KERABAT), dan Forum Pendamping Buruh Nasional (FPBN).   Mindra dan kawan-kawannya dari KASBI membuat karya film  berjudul “Berjuang Dengan Riang Gembira”. Karya ini  berhasil  menjadi pemenang pertama versi penilaian Juri dan pemenang favorit pilihan pemirsa dari like film yang tayang di Youtube Gue LDD https://youtu.be/KquyVkDuPns

Pada  pertemuan bertajuk “ Cerita Dibalik Lomba” yang diselenggarakan  secara virtual dipancarkan secara live streaming oleh tim multi media dari divisi penelitian dan pengembangan LDD KAJ di chanel Youtube Gue LDD (https://youtu.be/wgGiZcDL-yYpada hari Sabtu 8 Mei 2021, Meindra hadir sebagai salah satu peserta yang memenangi lomba ini.   

Meindra mengungkapkan bahwa membuat film untuk lomba ini adalah pengalaman pertama kali. Dengan rendah hati, Meindra mengakui masih  banyak kekurangan dalam teknis seperti pengambilan gambar dan audionya visualnya. Demikianpun dalam proses produksi ada pula kendala, meskipun sebelumnya  sudah biasa membuat dokumentasi seperti sesi-sesi wawancara. 

Meindra berharap agar moment seperti ini menjadi peluang bagi  serikat buruh dan elemen  gerakan rakyat lainnya untuk  menyuarakan keresahan dan keprihatinan yang dirasakan oleh buruh. Ia juga berharap untuk selanjutnya agar bisa mempererat persaudaraan dengan berbagai cara.  Seperti  bertemu atau diskui panjang lebar untuk  saling belajar dalam produksi film. 

MENJADI  KAWAN DALAM GERAKAN BARU

Proses Lomba Film pendek buruh untuk merayakan hari buruh internasional 2021 sudah berakhir. Menjadi pemenang dalam lomba ini adalah satu capaian. Menjadi pemenang yang terus berani berjuang untuk  menyuarakan keprihatinan kemanusiaan melalui aneka cara dan kesempatan “dicelah yang sekecil apapun” adalah tantangan bagi terwujudnya kemuliaan martabat kemanusiaan yang belum berakhir.

Para peserta, para panitia, para juri, dan jaringan gerakan lainnya yang memiliki kehendak baik diundang untuk terus berkolobari, bersinergi, saling mendukung dengan berbagai cara untuk memajukan  kehidupan bersama yang lebih adil, sejahtera dan bermarbat.

Selamat untuk KEMENANGAN KITA SEMUA yang telah mengambil bagian dalam berkolaborasi dan sinergi menyuarakan kemanusiaan melalui film pendek buruh !

Ditulis oleh: FX Yono Hascaryo Putro