Divisi Litbang

Merupakan divisi yang berperan untuk melakukan penelitian, pengembangan, dan publikasi gerakan sosial bela rasa di wilayah KAJ

Divisi Penelitian dan Pengembangan (Divisi Litbang) merupakan sebuah divisi dalam Lembaga Daya Dharma KAJ yang bertugas secara khusus dalam mengelola media sosial LDD KAJ, pengolahan data dalam LDD KAJ, serta membangun relasi baik antara LDD KAJ dengan berbagai mitra dan stakeholder terkait.

Beberapa Program Kerja Divisi Litbang antara lain adalah:

  1. PENDATAAN GERAKAN SOSIAL BELA RASA
    Program ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan mengelola data pelayanan sosial yang dilaksanakan oleh LDD KAJ. Selain itu, pendataan data juga meliputi pendataan pada gerakan bela rasa yang dilakukan oleh umat atau kelompok sosialdalam lingkup KAJ.

  2. PENELITIAN GERAKAN SOSIAL BELA RASA DI KAJ
    Program ini bertujuan untuk meneliti mengenai kemiskinan dan gerakan bela rasa dalam wilayah KAJ. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan pelayanan bela rasa kedepannya.

  3. PUBLIKASI GERAKAN SOSIAL BELA RASA
    Program untuk membangun kolaborasi dan jejering dalam gerakan sosial bela rasa dengan mendayagunakan potensi dan aneka kekuatan media seperti mengelola ruang pameran gerakan sosial di gedung karya sosial LDD KAJ, penerbitan Kalender dan  Buletin LDD KAJ, Website dan Media Sosial LDD KAJ berbasis internet seperti YouTu, Instagram, Facebook.

  4. PENGEMBANGAN GERAKAN SOSIAL BELA RASA
    Program ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas (capacity building) dan juga sebagai penggerak para relawan sosial bela rasa. Beberapa tema pelatihan yang direncanakan untuk program ini, antaralain adalah:

Pelatihan sitemik untuk membantu para peserta semakin mengenal, mendalami, dan memahami Ajaran Sosial Gereja Katolik sebagai inspirasi dan spiritualitas dalam gerakan sosial bela rasa.

Pelatihan bagi kaum muda agar semakin bertumbuh menjadi kader penggerak dengan persfektif Gerakan Active Non violence (ANV) di tengah perubahan masyarakat. Pelatihan awal sudah mulai  dilaksanakan bagi para staft dan mitra kerja LDD KAJ pada awal tahun 2020 ini. Dari pelatihan awal ini selanjutnya akan dilaksanakan program pelatihan bagi para penggerak di wilayah dampingan LDD KAJ dan kelompok penggerak sosial lainnya.

Pelatihan yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas para penggerak sosial dalam pengetahuan dan ketrampilan melakukan proses analisa sosial sebagai dasar dan pengembangan strategi dan program gerakan sosial yang kontekstual untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pelatihan yang didesain agar peserta semakin memiliki pemahaman tentang kekuatan media sosial, prinsip etis dan dasar-dasar jurnalistik, serta  ketrampilan yang lebih baik dalam memproduksi video jurnalistik dengan smartphone.

Pelatihan Videografi

Kegiatan Terkini dari Divisi Penelitian dan Pengembangan

Belajar Kepemimpinan Melalui Sharing Bersama

Kevano, salah satu Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar membagikan pengetahuan dan pengalamannya tentang kepemimpinan. Dengan lancar dan penuh semangat, Kevano menampilkan presentasi tentang dasar-dasar

Read More

Pelatihan Videografi “Smartphone”

Pelatihan videografi yang diselenggarakan oleh Lembaga Daya Dharma KAJ untuk angkatan ke-VI berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya. Pelatihan kali ini diselenggarakan secara virtual selama 3 kali,

Read More